1.       Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan ialah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan kepada manusia itu sendiri, baik kepuasan jasmani maupun kepuasan rohani.

2.       Jenis Kebutuhan

Kebutuhan dapat dibedakan menurut intensitas, sifat, waktu, dan subjek yang membutuhkannya.

a. Jenis Kebutuhan Beradasarkan Intensitas

Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan dibedakan atas kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dasar yang kita gunakan adalah peranan kebutuhan tersebut terhadap kalangsungan hidup manusia. Artinya jika suatu kebutuhan sangat erat kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia, maka kebutuhan tersebut adalah kebutuhan primer. Semakin jauh kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia, maka tingkatannya menjadi kebutuhan sekunder atau tersier.

contoh kebutuhan berdasarkan intensitasnya

b.       Jenis Kebutuhan Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan jasmani dan rohani. Dasar yang kita gunakan adalah dampak atau pengaruhnya kepada diri manusia yang terdiri dari jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani erat kaitannya dengan upaya manusia menutupi atau memperindah jasmani manusia. Kebutuhan tersebut antara lain yaitu makanan, pakaian, sepatu, dan lain-lain.

Kebutuhan rohani adalah berupa upaya manusia untuk memenuhi kepuasaan jiwa atau hati. Seseorang akan merasa tentram jika dapat bercerita lepas mengenai kesulitan-kesulitan hidup dengan orang yang dipercayainya. Kita merasa senang jika mendengar nyanyian, mendapat hiburan, dan lain-lain.

c.      Jenis Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu, kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan sekarang (saat ini) dan kebutuhan masa yang akan datang. Dikatakan kebutuhan sekarang karena memang dibutuhkan saat itu juga, sementara kebutuhan yang akan datang bisa dipastikan dibutuhkan pada masa yang akan datang. Berdasarkan uraian tersebut, dasar yang kita gunakan untuk membedakan suatu kebutuhan berdasarkan waktu alah waktu pemenuhannya.

Kebutuhan yang akan datang bisa dipersiapkan. Artinya jika kita mengetahui kebutuhan dalam jangka waktu tertentu, maka kita bisa mempersiapkannya sesegera mungkin. Bagi ibu yang sedang mengandung, dapat mempersiapkan segala kebutuhan bayi. Bagi pegawai yang akan pensiun dapat mempersiapkan dana pensiun.

c.       Jenis Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Berdasarkan subjeknya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi kebutuhan pribadi atau individu dan kebutuhan kolektif (masyarakat). Dasar pembagiannya adalah siapa yang membutuhkan kebututhan tertentu, apakah diri pribadi atau masyarakat.

Kebutuhan pribadi, seperti  sepatu, mobil pribadi, pakaian, dibutuhkan diri pribadi siapa saja dan diputuskan pemenuhannya oleh diri pribadi. Sementara kebutuhan kolektif seperti ketentraman dan kedamaian, jalan raya, serta sarana dan fasilitas pendidikan yang memang dibutuhkan oleh masyarakat dan masyarakat berupaya memenuhinya baik dengan swadaya maupun dengan bantuan pemerintah setempat.

About these ads