PowerPoint Pelaku Ekonomi

Pelaku Kegiatan Ekonomi

1. Perusahaan

Adalah mereka yang di dalam suatu proses perekonomian berfungsi sebagai pihak yang menyediakan barang dan jasa.

Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi adalah:

  1. Sebagai produsen, yaitu dengan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh rumah tangga keluarga, pemerintah, bahkan masyarakat luar negri.
  2. Sebagai distributor, yaitu sebagai mata rantai penyaluran barang dalam rangka melayani konsumen agar barang yang dibutuhkan sampai pada konsumen tepat waktu, tepat tempat, tepat sasaran, tepat kuantitas dan tepat kualitas.
  3. Sebagai agen pembangun. Ditujukan untuk meningkatkan produksi melalui penelitian serta pengembangan.

2. Rumah Tangga

  • Adalah pihak yang menikmati, atau pengguna barang  dan jasa untuk menikmati kebutuhan hidup dirinya, ataupun keluarganya.
  • Rumah tangga adalah kelompok masyarakat yang memiliki faktor-faktor produksi (tanah, tenaga kerja, modal, wirausaha), sehingga pendapatan rumah tangga dapat diperoleh dari perusahaan  dengan cara:
  1. Sewa (rent), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga karena menyewakan tanahnya, kepada pihak lain, misalnya perusahaan.
  2. Upah (wage), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga karena telah mengorbankan tenaganya untuk berkorban pada perusahaan dalam kegiatan produksi.
  3. Bunga (interest), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga dan perusahaan karena telah meminjamkan sejumlah dana untuk modal usaha perusahaan dalam kegiatan produksi.
  4. Laba (profit), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga karena telah mengorbankan tenaga dan pikirannya mengelola perusahaan sehingga perusahaan dapat memperoleh laba.
  • Peranan rumah tangga konsumen:
  1. Rumah tangga berperan sebagai pemasok faktor-faktor produksi kepada perusahaan untuk kegiatan produksi.
  2. Rumah tangga berperan sebagai pemakai (konsumen) barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

3. Pemerintah

  1. a. Peranan sebagai pengatur

Pengaturan kegiatan ekonomi melalui peraturan perundang-undangan.

b. Peranan sebagai pengontrol

Pengontrol kegiatan ekonomi melalui Bank sentral yang berfungsi mengawasi lalu lintas keuangan. Mencetak uang, mengontrol jumlah uang yang beredar, mengontrol tinggi rendahnya suku bunga, lalu lintas kredit, dan lainn sebagainya.

c. Peranan sebagai penguasa

Pemerintah memiliki polisi sebagai alat pemaksa dan memiliki alat peradilan bagi terselenggaranya keadilan bagi seluruh rakyat.

d. Peranan sebagai konsumen

Untuk menjalankan tugasnya, pemerintah memerlukan berbagai macam barang dan jasa, misalnya untuk kegiatan administrasi diperlukan peralatan kantor dan alat-alat tulis, untuk transportasi diperlukan peralatan kantor dan alat-alat tulis, untuk transportasi diperlukan kendaraan dan banyak lagi kebutuhan lainnya.

e. Peranan sebagai produsen/Investor produsen

1)      Pemerintah dapat bertindak sebagai produsen untuk menghasilkan barang dan jasa yang menyangkut kepentingan orang banyak. Kegiatan ini dilakukan melalui BUMN dan BUMD.

2)      Pemerintah bertindak sebagai investor di mana pemerintah sebagai penanam modal baik seluruhnya atau sebagian pada perusahaan-perusahaan yang beroprasi di Indonesia.

4. Masyarakat Luar Negri

a. Masyarakat Luar Negeri sebagai Konsumen

Masyarakat luar negri dapat berperan sebagai konsumen dengan mengekspor barang/jasa tersebut ke negara mereka. Dengan penjualan komoditi ekspor tersebut, akan mendatangkan devisa bagi negara dan secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

b. Masyarakat Luar Negeri sebagai Produsen

Produk barang/jasa yang mereka hasilkan dapat kita konsumsi dengan cara mengimpornya.

c. Masyarakat Luar Negeri sebagai Investor

Pembangunan suatu bangsa membutuhkan adanya pelaku yang berani menanamkan modalnya, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Investor-investor itu banyak berasal dari luar negri.

d. Sumber Tenaga Ahli

Negara maju banyak memiliki tenaga ahli yang sangat dibutuhkan negara lain. Dengan demikian, negara lain (luar negeri) dapat memenuhi kekurangan tenaga kerja di dalam negeri.

About these ads